Jan 31, 2013

Cara membersihkan Perhiasan Perak

Perhiasan perak di desain dengan detil yang rumit sehingga perawatannya pun perlu mendapat perhatian lebih. Selalu mengenakannya di setiap kesempatan akan mengurangi kadar kilaunya.Membersihkan perhiasan perak dapat dilakukan sendiri dan bahan pembersihnya tersedia di dapur rumah. Ikut tips dan trik berikut:

1. Sebelum membersihkan perhiasan, bersihkan dahulu perhiasan dari debu dan kotoran pada permukaannya. Anda bisa menggunakan kain dari bahan yang lembut untuk membersihkannya. Ini untuk menghindari dari kerusakan perhiasan karena gesekan yang kasar.  Yang perlu diingat saat membersihkan perhiasan perak, gosokkan lap ke arah yg sama pada perhiasan perak anda, dan dgn arah lurus. Jika Anda membersihkan secara melingkar, dikhawatirkan akan menggores perhiasan tersebut.


2. Rendam perhiasan perak dengan air panas yang telah dicampur 2-3 sendok baking soda. Pastikan perhiasan benar-benar terendam dalam campuran air baking soda.

3. Diamkan selama 2-3 menit lalu keringkan dengan kain lembut. Pastikan benar-benar kering agar terhindar kerusakan pada perhiasan. Dengan perawatan ini perhiasan perak kembali cerah.
4. Perak juga dapat dibersihkan dengan deterjen. Campurkan air dengan 2-3 sendok deterjen dan bersihkan perhiasan di dalam mangkuk.
5. Perlu diperhatikan, bandul atau batu permata jangan sampai terkena deterjen, karena ia akan merusak kejernihan batu permata.

6. Saat menyimpannya, jauhkan dari cahaya dan udara. Bungkus dengan kertas kedap air, lalu masukkan kedalam plastik dan simpan ditempat yang gelap. Jika memungkinkan, simpan perhiasan perak ke dalam jewelry box berbahan beludru, dan jauhkan dari apapun yg berbahan logam.